Sunday, 9 August 2015

Hai sobat KAP. Ketemu lagi nih sama author yang paling cantik ( cewek
sendiri soalnya ). Seperti janji saya beberapa waktu lalu yang akan
meramaikan kembali label KAP Profil. Nah kali ini saya juga akan
mengupas profil salah satu admin grup Komunitas Anak Pendiam.


Pria pemilik akun Yoga Eka Firmansyah Yogatama atau yang akrab di sapa
Yoga ini terkenal dengan sifat tegasnya di grup. Meskipun Yoga
dianggap sinis dengan sering melontarkan kalimat tegas, tapi
sebenarnya Yoga hanya bermaksud memberikan semangat kepada sobat
pendiam yang seringkali mengeluh. Hanya saja Yoga memiliki cara yang
berbeda dalam menghadapi keluhan sobat KAP.

Bagaimana jika kita mengenal lebih dalam lagi sosok Yoga yuk. Beberapa
waktu lalu saya sempat mendatanginya dan dia dengan senang hati
membagi ceritanya kepada kita.

Pemuda kelahiran Ujung Pandang ini mengaku ketika kecil tidak
menunjukkan tanda-tanda sebagai seorang pendiam. Karena Yoga kecil
tumbuh seperti anak kebanyakan yang suka bermain. Namun Yoga baru
mengenal istilah introvert ketika mengenakan seragam putih biru.

"Waktu kecil aku suka main sih sama temen. Tapi pas SMP awal aku masuk
dulu aku kecelakaan jadi pas masuk SMP jadi pendiem susah berbaur sama
temen lainnya," ungkapnya kepada saya.

"Bisa jadi sih. Soalnya waktu itu mos SMP yang lain pada ikutan mos
aku cuma diem aja di UKS gak ikutan sama temen lainnya Jadinya
keterusan minder buat ikutan gabung sama lainnya," kenang Yoga saat
ditanya apakah karena kecelakaan itu yang pada akhirnya membuat Yoga
jadi introvert?

Rupanya ketika SD Yoga pernah mengalami kecelakaan, tertabrak motor
saat pulang dari tempat les.
Selain karena kecelakaan itu Yoga juga mengaku sempat terkena shock
culture karena dari kecil sering berpindah tempat tinggal.

"Aku dulu waktu kecil Ayah sering pindah-pindah kerja. Waktu lahir di
Ujung Pandang gak lama pindah lagi ke Bandung terus pindah lagi ke
Mataram Lombok. Aku menghabiskan sebagain masa kecil dari TK sampai
kelas 1 SD di pulau lombok. Waktu kelas 2 SD aku pindah lagi ke pulau
Jawa. Nah pas awal-awal pindah bisa dibilang kena shock culture. Tapi
lama2 biasa adaptasi," kenangnya.

Namun menurut Yoga kecelakaan yang pernah dialaminya yang paling
berpengaruh dan membuat dia menjadi seorang pendiam sampai sekarang.

Ketika kecil Yoga juga mengaku pernah dibully, namun hal tersebut
tidak terlalu mempengaruhinya, karena dia hanya menganggapnya sebagai
candaan atau gurauan semata.

"Aku sih niat berubah bukan buat jadi ekstro atau gak pendiam sih.
Tapi cuma pengen jadi diri yang lebih baik."

Yoga menceritakan pengalamannya untuk berubah menjadi pribadi yang
lebih baik. Demi bisa beradaptasi dan mendapat teman baru. Yoga sering
sekali terlibat dalam sebuah organisasi semasa SMA sampai di jenjang
perkuliahan. Yoga pernah ikut grup Informatic Debate Englin ( INDEGO )
ketika masih SMA. Kemudian maju dalam pemilihan calon ketua OSIS namun
sayang gagal terpilih. Dan ikut organisasi BEM semasa kuliahnya.

Menurut Yoga yang paling penting kalau memang niat untuk berubah atau
beradaptasi yang paling dasar itu niat. Soalnya segala sesuatu itu
diawali dari niat yang baik.

Nah "Apa sih suka dukanya menjadi introvert?"

"Suka dukanya apa yaa? Bingung
mungkin karena introvert suka hobi banget sama yang namanya internet
jadi lebih sering up to date daripada yang lainnya. Tiap ada suatu hal
baru duluan ngerti.
Dukanya sih dulu pas SMP teknologi Internet belum pesat kaya sekarang
jadi kaya cupu banget di antara teman lainnya. Ketinggalan banget sama
apa yang lagi ngetren di jamannya," Wah ternyata Yoga juga termasuk
orang yang cupu ya dulunya. Sama saya juga. Malah cupunya sampai
sekarang.

Ketika ditanya apa suka dukanya menjadi admin. Menurutnya dia bisa
memberikan inspirasi kepada sobat KAP namun dukanya ketika ada member
yang tidak jelas, membuatnya malas dan tidak tahu bagaimana cara
menghadapinya.

Nah pesan Yoga untuk sobat KAP semua. "Tetep semangat menjalani hidup
jangan banyak mengeluh. Dan terus berkontribusi untuk membangun
bangsa."


Biodata:
Nama: Eka Firmansyah Yogatama
TTL: Ujung Pandang, 14 Desember 1991
Kota: Sidoarjo
Warna favorit: Merah (Warna jurusan hehe)
Hobi: Baca, nyanyi, merenung
Pekerjaan : Calon pengusaha
Pendidikan terakhir D3
Anak pertama dari 3 bersaudara

Pesan terakhir saya juga, tetap semangat sobat KAP. Lain kali ketemu
lagi di profil sobat KAP. Kira-kira profil siapa lagi ya yang akan
saya bahas?!

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler