Sabtu, 12 Juli 2014


Banyak orang memilih mencari pasangan yang ekstrovert karena mereka memiliki sifat humoris, ceria, pandai bergaul, suka bicara dan lain-lain. Lalu, bagaimana dengan orang-orang introvert yang sepintas terlihat seperti memiliki sifat kebalikan dari itu semua?
Banyak orang yang salah dalam menilai orang introvert, orang-orang tersebut menganggap menjalin hubungan dengan orang introvert itu pastilah membosankan, dingin dan tidak menyenangkan. Benarkah demikian? Tentu saja tidak!

Berikut ini adalah beberapa kesalahpahaman umum tentang  orang introvert:

1. Introvert tidak suka bicara
Ini tidak benar. Introvert hanyalah tidak berbicara kecuali mereka memang memiliki sesuatu untuk dikatakan. Mereka membenci basa-basi. Tapi, jika seorang introvert sedang berbicara tentang sesuatu yang mereka minati, mereka tidak akan berhenti bicara sampai berhari-hari.

2. Introvert pemalu
Rasa malu tidak ada hubungannya dengan menjadi seorang Introvert. Introvert bukan berarti takut orang. Apa yang mereka butuhkan adalah sebuah alasan untuk berinteraksi. Mereka tidak berinteraksi demi interaksi sosial. Jika Anda ingin berbicara dengan Introvert, berbicara saja. Tidak perlu mengkhawatirkan kesopnan.

3. Introvert kasar
Introvert sering tidak melihat alasan perlunya untuk berbasa-basi sosial. Mereka ingin semua orang menjadi riil dan jujur. Sayangnya, hal ini tidak diterima di kebanyakan situasi, sehingga introvert merasakan banyak tekanan untuk menyesuaikan diri, dan bagi mereka ini melelahkan.

4. introvert tidak menyukai orang
Sebaliknya, introvert sangat menghargai sedikit teman yang mereka miliki. Mereka bisa menghitung teman-teman dekat mereka dengan satu tangan. Jika Anda cukup beruntung untuk dianggap teman oleh seorang introvert, Anda mungkin telah memiliki sekutu setia seumur hidup. Sekali Anda telah mendapatkan rasa hormat mereka, keberadaan Anda sangat diterima.

5. introvert tidak suka pergi ke tempat umum
Omong kosong. Introvert hanya tidak ingin pergi keluar di depan umum UNTUK WAKTU YANG LAMA. Mereka juga ingin menghindari komplikasi yang terlibat dalam kegiatan publik.

Mereka mengambil data dan situasi dengan sangat cepat, dan sebagai hasilnya, mereka tidak perlu berada di sana untuk waktu yang lama untuk mehamami kegiatan publik yang tengah berlangsung.

Lalu mereka siap untuk pulang, mengisi ulang energi, dan memproses semua pengalamannya tadi. Faktanya, isi ulang energi adalah mutlak penting untuk introvert.

6. Introvert selalu ingin sendirian
Introvert sangat nyaman dengan pikiran mereka sendiri. Mereka banyak berpikir. Mereka melamun. Mereka senang memiliki masalah untuk dikerjakan dan teka-teki untuk dipecahkan. Tapi mereka juga bisa merasa luar biasa kesepian jika mereka tidak memiliki siapapun untuk berbagi pencapaian mereka. Mereka menginginkan hubungan yang otentik dan tulus dengan SATU ORANG pada satu waktu.

7. introvert aneh
Introvert sering individualis. Mereka tidak mengikuti orang banyak. Mereka akan lebih suka dihargai karena cara-cara unik hidup mereka. Mereka berpikir berdasarkan standar diri mereka sendiri dan karena itu, mereka sering menantang kebiasaan. Mereka tidak membuat keputusan berdasarkan pada apa yang sedang populer atau trendi.

8. Introvert culun terasing
Introvert adalah orang-orang yang lebih sering melihat ke dalam, memberi perhatian lebih pada pikiran dan emosinya. Ini bukan berarti bahwa mereka tidak mampu memberi perhatian pada apa yang terjadi di sekitar mereka, hanya saja dunia batin mereka terasa jauh lebih merangsang dan bermanfaat bagi mereka.

9. Introvert tidak tahu bagaimana bersantai dan bersenang-senang
Introvert biasanya merasa rileks di rumah atau di alam, bukan di tempat umum yang penuh kesibukan. Introvert bukan pencari sensasi dan pecandu adrenalin. Jika ada terlalu banyak pembicaraan dan kebisingan terjadi, mereka melemah.

Otak mereka terlalu sensitif terhadap neurotransmitter yang disebut Dopamine. Introvert dan ekstrovert memiliki perbedaan jalur syaraf yang dominan. Cari saja sendiri tentang perbedaan jalur syaraf ini.

10. Introvert bisa memperbaiki diri dan menjadi ekstrovert
Sebuah dunia tanpa introvert akan menjadi dunia dengan sedikit ilmuwan, musisi, seniman, penyair, pembuat film, dokter, matematikawan, penulis, dan filsuf. Meski demikian, masih ada banyak teknik yang dapat dipelajari orang ekstrovert untuk berinteraksi dengan introvert.

Introvert tidak bisa “memperbaiki diri” dan pantas dihormati untuk temperamen alami mereka dan juga kontribusinya bagi umat manusia. Bahkan, satu penelitian (Silverman, 1986) menunjukkan bahwa peningkatan persentase introvert di antara manusia berbanding lurus dengan IQ (rata-rata manusia).


Bila diartikan dalam bahasa Inggris; Introvert: “In” artinya di dalam, sedangkan “trove” artinya sesuatu yang sangat berharga, yang bila dihubungkan memiliki arti bahwa orang introvert lebih menghargai orang yang ada di dalam (orang yang dianggap dekat seperti keluarga, sahabat dekat, pacar, dll).

Jika anda merasa orang introvert itu terkesan membosankan, maka itu artinya anda belum dianggap “In” (belum menjadi atau belum dianggap dekat oleh orang introvert tersebut). Menjadi “In”-nya orang introvert sebenarnya tidaklah sulit, cukup dengan berbuat baik dan tidak menyinggung perasaannya saja.

Bila sudah menjadi “In”-nya orang introvert, maka anda akan melihat perbedaan yang mungkin sangat jauh dari apa yang anda kira selama ini.


Cobalah untuk membuka hati anda pada orang introvert, menjalin hubungan dengan orang introvert sama menyenangkannya dengan menjalin hubungan dengan orang ekstrovert, bahkan orang introvert terbilang memiliki jaminan kesetiaan yang lebih besar ketimbang orang ekstrovert.



1 komentar:

Indah mengatakan...

Iya bener banget. Terutama yg melemah kalo orang2 sekitar rame. Apalagi suara kalah lantang jadi mau ngobrol rasanya perlu tenaga besar biar bisa menarik perhatian -.-

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Paling Banyak Dibaca