Thursday, 2 July 2015

Salam pendiam. Setelah kemarin kita bahas tentang INTJ sang ilmuan, kali ini KAP akan mengupas tuntas tentang keribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang lain, yaitu INFJ. Walau terdengar mirip, hanya beda pada huruf “T” dan “J”, namun INTJ dan INFJ adalah dua sosok kepribadian yang berbeda. INTJ hidup dengan pemikirannya yang logis, sedangkan INFJ bermain dengan perasaan (Feeling).
INFJ

INFJ merupakan jenis kepribadian manusia yang paling langka. Jumlah mereka disinyalir hanya sekitar 1-3% dari populasi dunia. INFJ adalah singkatan dari I (Introvert), N (Intuition), F (Feeling), J (Judging).

I (Introversion) : mereka yang cenderung tenang dan pendiam, lebih suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil, dan memperoleh energi dengan menyendiri.
N (Intuition) : lebih suka pada gambaran besar daripada detail, dan lebih mengedepankan masa depan daripada realita keadaan masa kini.
F (Feeling) : cenderung lebih suka menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil sebuah keputusan. Selain itu, mereka lebih mengutamakan pertimbangan sosial daripada logika.
J (Judging) : ketika merencanakan sesuatu, mereka cenderung membuat keputusan di awal, bahkan sebelum dilaksanakan. Mereka mengontrol rencana dengan prediksi mereka sendiri.

The Protectors & Counselor

Julukan “The Protectors” alias pelindung disematkan ke INFJ, karena sifat alami mereka yang cenderung berlimpah empati dengan orang lain. INFJ tidak segan untuk melindungi orang-orang yang dianggapnya membutuhkan perlindungannya. Apalagi orang yang mereka sayangi. Selain itu, mereka cenderung selalu berusaha menjaga sebuah hubungan tetap harmonis. Fungsi F (Feeling) yang mereka miliki, membuat INFJ bisa dengan mudah memahami emosi orang lain. Gabungan antara Intuition dan Feeling membuatnya sering dijuluki “The Counselor” alias penasihat. Karena INFJ adalah sosok yang penuh empati, lemah lembut, penuh perasaan berkat fungsi F (Feeling). Berkat fungsi N (Intuition), mereka dianugerahi idealisme yang dapat melihat makna dari sebuah peristiwa dan meramalkan apa yang diperlukan.

Seperti apa sih, INFJ itu?

Penjelasan berikut merupakan gambaran umum dari karakteristik INFJ. Meskipun begitu, bukan sebagai bahan untuk menilai orang lain. Melainkan sebagai pengetahuan untuk mengenali diri sendiri. Karena setiap orang mempunyai hak untuk menjadi apa yang mereka inginkan.
Karakter INFJ
Sangat tertutup dan penyendiri. INFJ dengan fungsi Introvert yang lebih dominan, membuat mereka menjadi sosok yang sangat tertutup. Walaupun mereka kerap memberikan masukan dan nasihat kepada orang lain, tapi mereka tidak mau orang lain mengetahui permasalahannya. Seperti kebanyakan introvert lain, mereka lebih suka sendirian daripada menghadapi keramaian.

Hangat, lembut dan peka. Berkat fungsi Feeling yang kuat, INFJ memiliki perasaan yang besar dan sensitif. Mereka juga pendengar yang baik. Sehingga orang lain akan nyaman curhat kepada INFJ. INFJ yang peka terhadap perasaan orang lain, akan memberikan nasihat dengan hangat dan lembut. Alasan lain kenapa mereka disebut The Counselor.

Tekad kuat dan penuh gairah. Walau terlihat lesu dan tidak bersemangat, sebenarnya INFJ adalah tipe pekerja keras dan bertekad kuat dengan apa yang mereka percayai. Mereka punya gairah akan sebuah pencapaian. Gairah tersebut sering membuat terkejut orang lain yang belum terbiasa dengan mereka.

Ahli komunikasi tertulis. Ciri khas dari INFJ adalah bahasanya yang halus dan hangat. Mereka memiliki gaya bahasa yang unik dan penuh metafora. Bahasa tulisnya tersebut yang membuat mereka terlihat intelek, sekaligus tampak aneh di mata orang. Namun, berkat fungsi Feeling yang mudah memahami perasaan orang lain, membuat tulisan mereka sangat inspiratif.

Anti terhadap konflik dan debat. INFJ sangat tidak menyukai kelicikan, kekejaman, kecurangan dan cukup keras dengan  prinsip hidupnya. Mereka mengemukaan hal-hal positif dan enggan memberikan kritik kepada orang lain, karena mereka tidak ingin menyakiti orang lain.

Rawan “overheating”. Tekad dan gairah INFJ kadang terlalu kuat dan tidak terkendali. Hal itu membuat cadangan energi internal mereka cepat terkuras habis. Maka INFJ perlu lebih banyak waktu sendirian untuk mengisi energi.

Kreatif dan tegas. INFJ memiliki imajinasi yang tinggi. Imajinasinya yang hidup dan rasional membuat mereka tampak kreatif. Kombinasi antara imajinasi dan sifat tegas mereka, membuat mereka dengan mudah mencapai hal-hal yang besar. Mereka tidak hanya memiliki ide-ide besar saja, namun mereka juga bertekad untuk mewujudkannya.

Perfeksionis dan idealis. INFJ selalu berusaha untuk mencapai segala sesuatu dengan sempurna. Asalkan sesuai dengan tujuan mereka. Apabila tujuan mereka tidak tercapai, atau mereka bekerja diluar tujuan, mereka akan mudah merasa sangat kecewa. Ini merupakan sisi positif dari INFJ, namun bisa menjadi sisi negatif juga. Misal ketika mereka mencari pasangan. Mereka kesulitan membangun hubungan yang romantis dengan pasangan, karena selalu mencari pasangan yang ideal bagi mereka.

Wajah lesu tidak bersemangat. Dibalik sifatnya yang penuh tekad dan gairah, tampak luar seorang INFJ terlihat lesu dan tidak bersemangat. Bahkan terkadang mereka terlihat sangat menderita. Padahal mereka sama sekali tidak merasakan itu semua. Ketika mereka bahagia, INFJ hanya menorehkan senyum tipis seadanya.

Pakaian sederhana. Ketika INTJ tidak terikat mode fashion sama sekali, INFJ sepertinya tidak sepenuhnya seperti itu. Mereka punya cara sendiri untuk mengikuti mode fashion. Mereka sebut dengan “sederhana”. Walau bagi sebagian orang lain melihat itu bukanlah mode fashion terkini. Namun, ada beberapa INFJ pria yang lebih suka dengan pakaian modis mengikuti tren.

Kelebihan dan Kelemahan INFJ

Kelebihan
Kelemahan
  • Empati tinggi
  • Tekad kuat dan penuh gairah
  • Kreatif
  • Tegas
  • Perfeksionis
  • Idealis

  • Terlalu sensitif
  • Sangat tertutup
  • Perfeksionis
  • Terlalu idealis


Karir INFJ

Seperti yang KAP sampaikan kemarin, tidak ada sangkut pautnya antara kecocokan karir dengan tipe kepribadian tertentu. Apapun pekerjaannya, akan terasa cocok bila kita sendiri bisa nyaman dengan pekerjaan tersebut. Namun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa kepribadian tertentu lebih cocok dengan pekerjaan tertentu, itu hanyalah sebuah gagasan yang menghubungkan antara teori suatu kepribadian dengan yang mungkin cocok untuknya.

Berikut adalah pekerjaan yang KAP SARAN-kan bagi kamu, para INFJ:
Penasihat
Psikiater
Psikolog
Pengajar/pendidik/guru
Pemasaran
Artis (seniman)

Pasangan Bagi INFJ

Sama seperti karir yang cocok untuk keribadian tertentu, pasangan/partner juga demikian. Semua orang bebas menentukan dan menemukan pasangan yang cocok untuk masing-masing, tidak terikat oleh teori atau ramalan tertentu. Sebuah teori menjelaskan bahwa INFJ yang lebih dominan pada fungsi Introverted Intuition (IN) lebih cocok dengan Extraverted Intruition (EN). Partner alami seorang INFJ adalah dengan ENTP atau ENFP. Untuk lebih jelasnya, dapat membaca pada artikel Ketahuilah Pasangan Terbaik dengan Kepribadian MBTI Kamu.

Tokoh-tokoh Berkepribadian INFJ

Walaupun INFJ adalah tipe kepribadian yang paling langka, banyak tokoh-tokoh INFJ yang terkenal. Bahkan melebihi kepribadian lain.
Tokoh-tokoh INFJ

Billy Crystal, actor
Plato, Tokoh Filsafat Yunani
Carl Gustav Jung, Psychiatrist
Niels Bohr, Physicist
Mary Wollstonecraft, Philosopher
Adolf Hitler, Nazi
George Harrison(The Beatles)
Chaucer, poet
Gillian Anderson, actress
Nathaniel Hawthorne, author
Robert Burns, poet
Nicole Kidman, actress
Nelson Mandela, former President of South Africa
Johann Wolfgang von Goethe, writer
Robert Burns, poet
Martin Luther King, Jr., civil rights leader


“An inspiration to other” – INFJ

Walaupun INFJ adalah tipe kepribadian terlangka di dunia, ia adalah penasihat terbaik bagi tipe kepribadian lain. KAP sampaikan untuk sobat-sobat sekalian: Jangan biarkan kepribadian membentukmu, tapi bentuklah kepribadianmu.

Regard!


1 comments:

snow drop said...

INTJ yang paling langka.. mereka cuman ada 0,2% dari seluruh orang yang ada di bumi (cuman ngasih tau, jangan marah ya)

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler