Monday, 6 July 2015

Kita sudah membahas tuntas tipe kepribadian INTJ dan INFJ pada artikel sebelumnya. Dan sekarang kita masuk ke tipe kepribadian introvert menurut MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) yang selanjutnya, yaitu INTP. INTP tidak jauh berbeda dengan tipe INTJ. Mereka sama-sama seorang pemikir yang rasional dan mengedepankan teori. Saking banyaknya kemiripan, mereka sering dijuluki “si kembar”.

INTP

Populasi INTP disinyalir hanya berkisar antara 3-5% dari populasi dunia. INTP sendiri merupakan singkatan dari I (Introvert), N (Intuition), T (Thinking), P (Perception).
I (Introversion) : mereka yang cenderung tenang dan pendiam, lebih suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil, dan memperoleh energi dengan menyendiri.
N (Intuition) : lebih suka pada gambaran besar daripada detail, dan lebih mengedepankan masa depan daripada realita keadaan masa kini.
T (Thinking) : cenderung lebih suka menilai sesuatu secara obyektif daripada menurut pemikirannya sendiri. Ketika mengambil sebuah keputusan, lebih suka pada pertimbangan logika daripada pertimbangan sosial.
P (Perception) : cenderung menahan pendapat dan menunda keputusan. Lebih memilih untuk terbuka dengan pilihannya, sehingga dapat dirubah sesuai kondisi.


The Thinkers & Architect

Fungsi T (Thinking) yang dominan pada INTP membuatnya kerap dijuluki sebagai The Thinkers alias pemikir. Konon, INTP adalah pemikir berat bahkan diantara tipe pemikir lain. INTP merupakan sosok yang cerdas. Mereka pandai dalam membuat sebuah rancangan dan menangani masalah rumit, dengan pemikirannya yang tajam. Rancangan buatan INTP pun selalu dinamis, dapat berubah-ubah sesuai kondisi. Sehingga selain pemikir, mereka juga dijuluki sebagai “The Architect” alias perancang.


Seperti apa sih, INTP itu?

Penjelasan berikut merupakan gambaran umum dari karakteristik INTP. Meskipun begitu, bukan sebagai bahan untuk menilai orang lain. Melainkan sebagai pengetahuan untuk mengenali diri sendiri. Karena setiap orang mempunyai hak untuk menjadi apa yang mereka inginkan.

Pemalu dan sulit beradaptasi. Pada umumnya, INTP adalah sosok yang pemalu dan susah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mereka membutuhkan waktu untuk sekadar akrab dengan lingkungan dan orang-orang baru. Namun, mereka bisa menjadi sangat hangat dan bersahabat bila sudah kenal dekat dengan seseorang.

Mengutamakan akal sehat daripada perasaan. Ini sudah jelas, mengingat INTP memiliki fungsi T (Thinking), dan bukan F (Feeling). Mereka adalah orang yang rasional yang mengutamakan akal sehat daripada perasaan. Mereka ahli dalam analisa teori, namun kurang peka dengan lingkungan sosial. Sehingga sering membuat orang lain salah paham terhadap mereka.

Fokus dan sangat bersemangat. INTP selalu fokus dan bersemangat dengan pekerjaan yang mereka geluti. Terutama kegiatan yang mengasah kecerdasan dan krativitas mereka.

Ahli analisa dan pola pikir abstrak. Ini merupakan salah satu sifat INTP yang identik dengan INTJ. Mereka mempunyai pola pikir yang kreatif dan unik. Selain itu, mereka juga punya segudang ide yang ingin segera diwujudkan. Namun, saking abstarknya pola pikir mereka, mungkin hanya sesama INTP yang bisa saling memahami. Mungkin INTJ juga bisa memahami hal itu.
Pola pikir INTP

Teroritis, pengetahuan di atas segalanya. INTP memandang segalanya dengan teori. Mereka adalah seorang “profesor” yang menggunakan kecerdasan dan teori untuk menemukan sebuah solusi. Mereka hidup dengan pemikirannya sendiri, menganalisa, mengidentifikasi pola dan mencari penjelasan logis akan suatu hal. Dorongan alami mereka untuk mengubah teori menjadi pemahaman yang rasional dan konkrit. Pikiran mereka selalu bekerja dan berusaha mendapatkan teori-teori baru, atau membuktikan atau menyangkal teori yang sudah ada.

Tidak suka memimpin. Selain karena sifat mereka yang pemalu dan susah adaptasi, INTP merupakan sosok yang toleran dan fleksibel. Sehingga mereka tidak suka bila ditunjuk sebagai pemimpin yang harus mengendalikan orang lain. Mereka adalah tipe orang yang terbuka dengan kritik dan saran. Jadi, pemimpin yang punya perintah bukanlah sesuatu yang disukai mereka.

Independen, konvensional, dan original. INTP tidak suka sesuatu yang terlalu terkekang dengan aturan. Mereka lebih suka bekerja sendiri sesuai dengan tujuan mereka. Mereka biasanya memiliki karakter yang kompleks, dan mungkin cenderung gelisah dan temperamental. Mereka sangat cerdik, dan memiliki pola pikir konvensional yang memungkinkan mereka untuk menganalisis ide-ide dengan cara yang baru. Sehingga, banyak karya ilmiah dunia yang dibuat oleh INTP.

Bebas berkreativitas. Para INTP yang cenderung independen ini, tidak suka dengan peraturan yang membatasi cara mereka berkreativitas. Dalam berkreativitas, mereka adalah makhluk yang bebas, tidak dapat diganggu gugat. Walau terkadang, kebebasan tersebut justru membuat kerugian bagi mereka.
aturan INTP

Pelupa dan ragu-ragu. Ketika mereka fokus dengan satu pekerjaan yang digeluti, mereka bisa lupa segalanya. Lupa waktu, lupa diri, lupa dengan pekerjaan lain, dll. Selain itu, mereka bukanlah sosok yang tegas dalam mengambil keputusan. Terkadang mereka menduka-duka sesuatu yang tidak penting, sehingga membuat mereka penuh keraguan dalam bertindak.

Cuek sosial. Seorang INTP kurang peduli dengan keadaan sosial, seperti pekerjaan, berbincang-bincang dengan tetangga, hingga urusan keluarga, mereka lebih mengejar suatu tempat di mana mereka bisa mengembangkan dan mengeluarkan seluruh kreativitas mereka.

Jujur apa adanya. Sama seperti INTJ, INTP bukan tipe orang yang munafik. Kalau tidak, mereka bilang tidak. Kalau iya, mereka juga bilang iya.

Hobi merenung. Akibat dari menumpuknya teori dan ide-ide, membuat INTP sering terlihat melamun. Sebenarnya mereka bukan melamun, melainkan merenungi semua teori yang sedang mereka gagas.


Kelebihan dan Kelemahan INTP

Kelebihan
Kelemahan
  • Fokus
  • Sangat bersemangat
  • Kreatif
  • Pintar
  • Jujur
  • Original


  • Susah adaptasi
  • Terlalu teoritis
  • Ragu-ragu
  • Pelupa
  • Kurang peduli sosialisasi
  • Gegabah


Karir INTP
Sebenarnya tidak ada sangkut pautnya antara kecocokan karir dengan tipe kepribadian tertentu. Apapun pekerjaannya, akan terasa cocok bila kita sendiri bisa nyaman dengan pekerjaan tersebut. Walaupun ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa kepribadian tertentu lebih cocok dengan pekerjaan tertentu, itu hanyalah sebuah gagasan yang menghubungkan antara teori suatu kepribadian dengan yang mungkin cocok untuknya.

Berikut adalah pekerjaan yang KAP SARAN-kan bagi kamu, para INTP:
Perencana strategi
Ahli ilmu pasti
Profesor
Penulis teknis
Insinyur
Programmer
Pengacara
Hakim
Penyidik forensik
Fotografer

Pasangan Bagi INTP

Sama seperti karir yang cocok untuk keribadian tertentu, pasangan/partner juga demikian. Semua orang bebas menentukan dan menemukan pasangan yang cocok untuk masing-masing, tidak terikat oleh teori atau ramalan tertentu. Sebuah teori menjelaskan bahwa INFJ yang lebih dominan pada fungsi Introverted Thinking (IT) lebih cocok dengan Extraverted Thinking (ET). Partner alami seorang INTP adalah dengan ENTJ atau ESTJ. Untuk lebih jelasnya, dapat membaca pada artikel Ketahuilah Pasangan Terbaik dengan Kepribadian MBTI Kamu.


Tokoh-tokoh berkepribadian INTP

Beberapa tokoh yang memiliki kepribadian INTP sangat terkenal hingga saat ini. Nyaris semua orang yang hidup di bumi ini mengenal mereka. Yaitu sang fisikawan Albert Einstein. Sewaktu hidupnya, Einstein sering dijuluki orang gila karena terlalu “gila” dengan teori-teorinya. Namun, lihatlah sekarang. Ia ada di jajaran para penemu bersejarah dunia. Berikut adalah tokoh-tokoh INTP lainnya:
Albert Einstein, scientist
Charles Darwin, naturalist
William James, psychologist and philosopher
Dwight D. Eisenhower, U.S. President
C. G. Jung, psychiatrist
Socrates, philosopher
Sir Isaac Newton, mathematician, physicist and astronomer
J.K. Rowling, author
Abraham Lincoln, U.S. President

“A love of problem solving” – INTP

Walau INTP terlihat terlalu fokus dengan teorinya, dan cuek dengan keadaan sosial, mereka tidak selamanya tidak peduli dengan sosial. INTP cenderung menjadikan teori sebagai tanggung jawabnya dalam memajukan masyarakat untuk bergerak ke arah pemahaman yang lebih baik. Contoh nyata adalah Carl Jung dengan teori MBTI-nya yang menjadi pedoman kepribadian saat ini. Selalu ingat pesan dari KAP: Jangan biarkan kepribadian membentukmu, tapi bentuklah kepribadianmu.

Regard!

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler