Friday, 15 August 2014

Kurang Percaya Diri sebagai Makhluk Pendiam atau Introvert

Beberapa dari kita sering sekali berusaha untuk berubah atau berusaha untuk menghilangkan sifat introvert dalam diri kita. Tidak jarang merasa malu atau tidak percaya diri terhadap kemampuan diri dan memilih untuk mengasingkan diri. Namun apakah tindakan itu benar? Hanya merenung dan menyesali diri tanpa berbuat apa-apa adalah tindakan salah. Kenapa tidak berusaha menggali potensi yang ada dalam diri kita?



Sering diremehkan dan tidak dianggap oleh teman anda karena anda kurang bisa bergaul? Atau anda sedang strees mencari-cari cara guna merubah kepribadian anda supaya menjadi supel dan banyak teman ngobrol? Anda tersiksa dengan kondisi kepribadian anda yang cenderung lebih suka untuk berfikir dan menyendiri? Coba lupakan sejenak kesedihan anda.

Didunia ini, kepribadian manusia digolongkan menjadi dua jenis. Yaitu introvert dan extrovert. Extrovert adalah kepribadian yang periang, banyak bicara dan pandai bergaul (supel). Sedangkan introvert merupakan kepribadian yang tertutup, pendiam, penyendiri dan muka serius.

Secara umum, seorang yang berkepribadian extrovert selalu menarik perhatian setiap orang. Karena mereka terlihat cerdas dan percaya diri. Sehingga potensi yang ada dalam dirinya dengan mudah di lihat oleh orang lain. Sedangkan pribadi yang introvert, mereka terlihat sebagai individu yang kurang menarik dan terkesan tak memiliki suatu kelebihan apapun. Padahal sesungguhnya, mereka menyimpan potensi analisis dan kedalaman pemikiran yang tinggi. Makanya, mereka membutuhkan ketenangan dan waktu yang banyak untuk dirinya.

Saya memiliki teman, yang satu extrovert (A) dan yang satu introvert (B). Si A, ia terlihat menarik, aktif, pandai dan juga murah senyum. Dengan mudahnya ia ditunjuk sebagai perwakilan lomba. Sedangkan si B, tak ada yang mengusulkannya sebagai seorang yang bisa menjadi perwakilan lomba. Padahal sepengetahuan saya, si B tak kalah pandai dari A, malah lebih pandai, hanya saja ia tak terlalu mengekspos dirinya pada orang lain, sehingga tak banyak orang yang tahu akan potensinya.

Seorang extrovert cenderung tidak bisa diam/sendiri di suatu tempat untuk 1 jam saja. Mereka akan mencari orang yang bisa diajak ngobrol, karena dengan mengobrol, mereka akan mendapatkan energi bagi tubuh mereka. Sebaliknya, seorang berkepribadian introvert cenderung tidak bisa terus menerus berbicara, mereka harus berdiam diri terlebih dahulu untuk mengisi energi tubuhnya. Inilah perbedaannya, seorang extrovert cenderung mengambil ilmu dari orang lain lewat percakapannya, sedang orang introvert cenderung suka mengambil ilmu dari membaca, mendengarkan dan menganalisis.

Pada dasarnya, seorang introvert adalah seorang yang berfikir mendalam. Mereka pandai dalam menganalisis suatu masalah dan juga pandai dalam mengabungkan puzzel-puzzel yang berkaitan. Mereka juga pendengar yang baik. Diamnya mereka adalah emas. Karena saat diam, sesungguhnya mereka berfikir. Mereka suka berkelana dalam alam fikiran yang mendalam.

Oleh karena itu, banyak tokoh hebat dan terkenal di dunia ini adalah seorang yang introvert. Siapa yang tak kenal dengan Mahatma Gandhi, Einstein, Charles Darwin, Bill Gates, Isaac Newton, Steve Jobs, Michael Jordan, dan J K Rowling. Atau yang dari Indonesia ada Bapak Moh. Hatta. Dalam buku Demi Bangsaku: Pertentangan Bung Karno vs Bung Hatta (2003) karya Wawan Tunggal Alam, menyatakan bahwa Bung Hatta juga termasuk sosok introvert yang dikenal cenderung pendiam. Namun kini sejarah mencatat beliau sebagai salah seorang bapak proklamator bangsa ini yang amat berjasa dan berpengaruh sepanjang masa. Hebat bukan?! Mereka adalah sebagian dari orang introvert yang telah mengubah dunia.

Secara ilmu medis, seorang introvert cenderung lebih mudah terkena strees. Semua ini karena mereka lebih suka berfikir mendalam dan kurangnya rasa percaya diri. Namun bagi anda yang merasa introvert, tak usah terlalu rendah diri. Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan.
Jika seorang extrovert bisa percaya diri dan mudah dalam bergaul, kenapa anda tidak? Jika anda masih pemalu dan kurang percaya diri, atau bagi anda yang sedang berjuang untuk mengubah diri anda untuk menjadi seorang yang extrovert namun malah tersiksa, ada sedikit tips yang bisa saya bagi untuk mengatasi kebingungan anda sebagai seorang introvert, diantaranya :

1) Bangun rasa percaya diri anda sebagai seorang introvert.
Introvert bukanlah musibah, tapi anugrah. Itu adalah kalimat utama yang harus anda yakini. Tanamkan kuat-kuat dalam diri anda. Bangun motivasi tertinggi anda. Jadilah diri anda apa adanya. Jangan pernah beranggapan lagi jika orang yang sukses harus banyak bicara dan banyak teman. Bukankan tong kosong berbunyi nyaring? Anda adalah manusia pilihan tuhan yang unik. Bagaimana tidak, orang introvert hanya 25% didunia ini. Ada kata motivasi indah untuk anda yang saya ambil dari salah satu artikel di pak gugel, orang introvert adalah minoritas di dalam masyarakat, tapi mayoritas diantara orang-orang berbakat.

2) Tekuni bidang yang menarik bagi diri anda.
Setiap orang memiliki bidangnya masing-masing. Bidang yang cocok bagi seorang introvert diantaranya seni lukis, seni musik, penulis, programer, design, dan akuntan. Yakinlah dengan bidang yang telah anda pilih dan jalani dengan sebaik mungkin.

3) Jadilah seorang pendengar yang baik.
Menjadi seorang pendengar yang baik lebih sulit dari pada menjadi seorang pembicara yang baik. Seorang introvert cenderung seorang pendengar yang baik, maka manfaatkan kelebihan anda sebaik mungkin. Dengarkan apa yang sedang menjadi topik pembicaraan, analisis dan sampaikan ide/solusi terbaik anda, jika anda kesulitan dalam menyampaikannya, gunakan tips ke-4.

4) Dekatlah dengan orang yang berpengaruh.
Jika anda kesulitan dalam mengkomunikasikan ide-ide anda karena keterbatasan kemampuan anda dalam menyampaikan sesuatu, tak perlu memiliki banyak teman, tapi cukup dengan satu orang berpengaruh di lingkungan anda. Dekatlah dengannya, dan sampaikan ide-ide atau solusi anda, maka anda akan mendapatkan suatu kepercayaan darinya. Buatlah ia melihat potensi anda.
Bagi kamu-kamu manusia pilihan yang berkepribadian introvert dan belum percaya diri dengan dirimu sendiri, bangkitlah! Jadikan orang-orang didekatmu bergetar dengan hebatnya pemikiranmu. Jangan biarkan mereka merenggut potensimu.

Unik itu indah!

So. Masih menyesali dirimu sebagai pendiam atau introvert?

http://irapuss.blogdetik.com/2013/03/01/kurang-percaya-diri-sebagai-makhluk-pendiamintrovert/

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler