Monday, 21 January 2013

Hello, sobat pendiam dimanapun anda berada..
KAP punya sedikit informasi tentang beberapa pengertian tentang "Introvert". Jadi, luangkan waktu kalian sejenak untuk membaca. Dijamin bermanfaat. Setidaknya menambah wawasan lah :p. Jangan lupa kopi dan snacknya. (untuk disumbangkan ke saya) :p

Introvert. Kata-kata itu sangat tidak asing sekali ditelinga kita. Bahkan perbincangan di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam), kata introvert seolah menjadi makanan pokok sehari-hari. Tapi mungkin ada beberapa orang yang kurang tahu, atau salah pengertian tentang apa itu Introvert. Tidak ada salahnya juga yang sudah tahu sampai sedetil-detilnya, juga ikut membaca.

Introvert adalah suatu karakter manusia yang memiliki sifat individualis dan biasanya lebih pendiam dan tertutup, tidak suka banyak bicara, lebih nyaman menyendiri, dan lebih suka menjadi pendengar yang baik. Namun tidak semua introvert memiliki sifat-sifat tersebut. Banyak introvert yang suka berkumpul dengan kelompoknya dan membicarakan sesuatu, walau lebih senang bila membicarakan hal-hal yang bermanfaat saja.
Sumber dari sini

Dari pengertian diatas saja kita sudah bisa tahu apa itu "Introvert". Bagaimana? Cocok tidak dengan apa yang sobat kira, atau justru sobat rasakan? Saya pribadipun juga mengakui kalau memang saya adalah seorang introvert.
Atau kalau penjelasan diatas dirasa kurang menjanjikan, baca juga yang ini:

Introvert merupakan salah satu jenis kepribadian yang dipakai untuk mengelompokkan suatu karakter manusia. Konsep introvert muncul sejak tahun 1920-an, dari seorang ahli psikologi, Carl Jung, dan kini menjadi variabel penting pada berbagai macam tes kepribadian, termasuk Miyers-Briggs Type Indicator.Seorang introvert tidak selalu identik dengan pemalu. Pemalu adalah mereka yang merasa cemas atau takut bila berada dalam lingkungan sosial. Introvert juga tidak anti sosial, walau ada sebagian introvert yang tidak suka bersosialisasi. Introvert adalah mereka yang merasa bahwa bersosialisasi adalah sesuatu yang menguras energi.
sumber tulisan dari sini

Kaum Minoritas

Dan ternyata, kaum introvert tidak banyak ditemukan didunia.Bisa dibilang langka.Istimewa sajalah. Kaum introvert bisa dibilang kaum minoritas. Tapi menurut KAP sendiri, kaum introvert bukannya langka, tapi memang sulit ditemukan (sama saja ya? :p). Bukan.Maksudnya, mereka 'kan cenderung menutup diri, namanya juga introvert.Mungkin saja mereka tidak mau mengakui atau belum mengetahui kalau mereka sebenarnya adalah introvert.

Menurut analisa para ahli psikologi, jumlah populasi introvert lebih sedikit dibanding dengan ekstrovert, yaitu sekitar 25% dari total populasi dunia.Artinya, introvert adalah karakter yang minoritas. Hal serupa juga disebutkan oleh Susan Cain dalam bukunya “Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking”. Susan menyebutkan bahwa populasi introvert hanya 25% dari seluruh populasi manusia di New York.
 sumber diambil dari sini


Bagaimana kata para peneliti yang berkompeten di bidangnya?

Del Jones dalam Not All Successful CEOs Are Extroverts, menyebutkan bahwa, “Introverts are not shy by definition, but they become drained by social encounters and need time alone to recharge. Introversion might be partially explained by culture, genetics and upbringing. More men are introverts than women. It seems counter-intuitive, but introverts and closet introverts populate the highest corporate offices, so much so that four in 10 top executives test out to be introverts.”

Artinya:
Introvert tidak didefinisikan sebagai pemalu, namun mereka yang merasa energinya terkuras oleh pertemuan sosial dan perlu waktu menyendiri untuk mengisi ulang energinya. Introvert mungkin bisa diakibatkan oleh budaya, genetika dan pendidikan. Laki-laki cenderung lebih introvert daripada wanita. Walau demikian, introvert menduduki jabatan tinggi di sebuah perusahaan. Jumlahnya lumayan banyak, sekitar empat dari sepuluh eksekutif tinggi adalah introvert.

Jonathan Rauch dalam Caring For Your Introvert, menyebutkan, “Are introverts arrogant? Hardly. I suppose this common misconception has to do with our being more intelligent, more reflective, more independent, more level-headed, more refined, and more sensitive than extroverts. Also, it is probably due to our lack of small talk, a lack that extroverts often mistake for disdain. We tend to think before talking, whereas extroverts tend to think by talking, which is why their meetings never last less than six hours.”

Artinya:
Introvert sombong? Hampir tidak. Rauch menyimpulkan bahwa itu adalah kesalahpahaman yang sering dilabelkan untuk introvert. Introvert cenderung lebih cerdas, lebih independen, lebih berkepala dingin, lebih halus, dan lebih sensitif dibandingkan ekstrovert. Juga karena introvert cenderung kurang suka basa-basi. Introvert cenderung berpikir sebelum berbicara, sementara ekstrovert cenderung berfikir sambil berbicara.

Laurie Pawlik dalam The Guide to Introversion, menyebutkan, “Some introverts aren’t stereotypically shy and can strike up conversations with anyone. These introverts enjoy talking and listening to people, and going to parties and events. But most introverts would rather be at home. Introverts can find small talk easy but tiring – and sometimes boring. They’d rather have meaningful conversations about the depths of human souls and minds, but find few opportunities (those aren’t your usual conversations at water coolers or dinner parties!).”

Artinya:
Beberapa introvert bukan pemalu dan bisa memulai percakapan dengan siapa pun. Walau introvert bisa bersosial, berbincang dengan orang-orang, pergi ke sebuah pesta dan acara. Introvert lebih nyaman berada di rumah. Introvert bisa melakukan basa-basi dalam pembicaraan, namun mereka menganggap itu melelahkan. Introvert lebih senang membicarakan sesuatu yang bermanfaat.

Bagaimana sobat pendiam? Takut menjadi pendiam? Jangan. Yang terpenting adalah menjadi diri sendiri. Kalaupun sobat adalah orang yang memiliki karakter Introvert, tunjukkan kalau itu merupakan keistimewaan dari kalian. We are Introvert! We run free!  :p

KAP

9 comments:

Anonymous said...

sangat bermanfaat

agen sbobet said...

thank's gan infonya gan mantap gan,,,jadi tau deh gan,,hehehehehhe

zikri wafi said...

ngerasa termasuk yang di sebutin apa itu intrevert ._.

Park Tae Jun 공원 김태준 said...

WOW!! saya Introvert ...
Gomawo, info-nya ;)
ini benar-benar bermanfaat (y)

Fahmi Faturahman said...

pertamax, gan!!! (y)

yuzhiyasha xendrish said...

hemm..
terxata aku g sendri
y
introvert adalah mereka yang merasa orang lain itu melelahkan
q kira pkiran itu cuman q sndri yg pux

love my self
love introvert

velda anindita said...

kadang lelah jd introvert

rory sulaxana said...

Ane introvert dan ane kadang di bully

meria afiyah said...

izin share min..

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler