Tuesday, 29 January 2013



Menjadi seorang introvert tidak selalu hal yang buruk. Namun apapbila introvert menghalangi kerja kalian, atau menghalangi hal-hal yang ingin kalian lakukan, maka introvert adalah sesuatu yang harus segera dirubah. Namun, menjadi seorang introvert juga harus bahagia. Seperti yang saya katakan tadi, introvert bukanlah hal yang buruk dalam arti bukan sesuatu yang dapat menyengsarakan. Semua itu bukan tentang ‘apa yang kamu lakukan’, melainkan ‘bagaimana kamu melakukannya’.

Seorang penulis, Nancy R. Fenn, menulis sepuluh cara bagi introvert untuk menjalani harinya, dan sebagian besar adalah cara mendapatkan jalan keluar dari situasi negatif dan menjaga positif tentang karakter mereka.
 
1. Menyatakan diri sebagai tipe kepribadian yang sah.
Ada dua tipe kepribadian yang sah, yaitu ekstrovert dan introvert. Walaupun ada orang yang memiliki kepribadian ambivert, tetap saja hanya dua kepribadian yang sah. Namun bukan berarti ambivert tidak sah. Hanya saja, ambivert cenderung labil dan akan menjadi salah satu dari kepribadian suatu saat nanti.

2. Mengkoreksi orang yang mengatakan bahwa introvert adalah neurotis.
Introvert bukan neurotik. Introvert adalah introvert. Neurotik adalah penyakit gangguan mental dimana penderitanya akan mengalami kecemasan dan ketakutan yang berlebih.

3. Mengkoreksi orang yang mengatakan bahwa introvert rentan terhadap penyakit mental.
Introvert tidak lebih rentan terhadap penyakit mental daripada yang lain. Ketika ekstrovert sedang stres, mereka makan berlebihan, merokok, minum dan melakukan tindak kekerasan. Ketika introvert sedang stres, mereka menarik karena tenang. Ini tidak membuat mereka sakit mental.
4. Salah bila orang menganggap introvert adalah anti sosial.
Introvert tidak anti sosial. Introvert merasa dikekang oleh orang lain dan mereka harus membatasi waktu mereka untuk sendiri, tetapi mereka adalah orang yang ramah tamah dan penuh kasih.

5. Orang benar ketika mereka menyatakan bahwa introvert tidak bisa bicara.
Sebaliknya, introvert tidak aka berbicara kecuali mereka memiliki sesuatu yang sangat penting untuk dikatakan.

6. Memberikan nilai yang tepat pada kemampuan anda untuk menjadi pendengar yang baik.
Keterampilan mendengarkan yang baik tidak ternilai harganya.

7. Jangan meminta maaf atas waktu yang dihabiskan untuk sendirian.
Jelaskan bahwa introvert perlu menghabiskan setidaknya setengah waktu mereka sendiri untuk kesehatan mental dan emosional yang baik. Dan jelaskan lagi, bahwa introvert adalah tipe kepribadian yang sah.

8. Introvert tidak merugi.
Bangga bahwa anda adalah seorang introvert, dulu dan sekarang, seperti Albert Einstein, Steven Spielberg, Charles Darwin, Michael Jordan, J. K. Rowling, dll.

9. Berdiri dihadapan anak-anak introvert yang sedang disalah pahami.
Maksudnya adalah membimbing kepada anak-anak introvert lain dan memberi pengaruh bahwa introvert bukanlah sesuatu yang orang lain salah pahami. Ini adalah salah satu yang dapat anda lakukan untuk diri sendiri karena akan menentramkan anak batin kita sendiri.

10. Jangan biarkan ekstrovert mengganggu anda.
Jelaskan dengan sopan bila anda sedang diganggu dan tidak ingin bicara. Saat anda membaca buku, katakan, “Aku sedang membaca buku. Jangan ganggu aku!”

Bagaimana? Masihkah kalian bersedih-sedih dengan keintrovertan kalian? Sudahlah, syukuri saja apa yang diberikan Tuhan untuk kita. Karena bersyukur adalah kunci untuk kehidupan yang bahagia. Kalau tidak mau bersyukur, yakin deh kalau hidupnya akan sengsara. :)

3 comments:

Anonymous said...

arivin, hadir sob... :)

David Valerian said...

nice :D

JinHotheFlamersShawol said...

harus bangga jadi introvert :)

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler