Wednesday, 25 June 2014

Halo sobat KAP, di posting ini saya (Kristian Adhi) akan membahas tentang perkataan yang sering diajukan pada orang pendiam, terkait dengan sifat pendiam dan introvert-nya. Tentunya kita yang pendiam pernah / sering ditanya dan diberitahu orang lain seperti ini, "Kamu kok sendirian aja sih disini?" "Kenapa kamu bisa pendiem gitu?" "Ngomong dong... Masa dari tadi diem aja?" "Ngebosenin kalo bareng sama kamu, cuma diem aja. Gak seru." "Kok kamu sering sendirian aja? Gak kumpul sama temen-temenmu?" "Di sosmed kamu orangnya rame, tapi di dunia nyata kamu pendiem banget." Itulah beberapa kalimat yang sering diajukan pada orang introvert yang pendiam.

Biasanya kalau menanggapi perkataan-perkataan tersebut, kita yang pendiam (termasuk saya) hanya menanggapi dengan senyum atau menjawab dengan singkat. Kemungkinan besar orang pendiam langsung sensitif kalau mendengar kalimat-kalimat itu, karena sifat pendiam & introvert seakan kurang dimengerti oleh mereka yang tidak pendiam, juga sifat pendiam ini dianggap aneh oleh kebanyakan orang.

Baiklah, saya akan memberi penjelasan:
Salah satu sifat alami introvert adalah mengisi ulang energi dengan menyendiri, karena energi
mereka cepat terkuras bila berkumpul dan berinteraksi sosial. Satu contoh aktivitas sosial
yang cepat menguras energi orang introvert adalah pesta. Entah itu pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dsb. Mereka biasanya jarang mengobrol dan juga hampir tak pernah ada di kumpulan orang banyak saat pesta. Hal ini dianggap kebanyakan orang sebagai suatu keanehan, karena lazimnya orang-orang banyak bicara dan sangat enjoy bercanda tawa saat berpesta. Mungkin saja orang introvert senang dengan suasana pesta yang ramai, namun biasanya kesenangan itu tak bertahan lama, selama yang dirasakan orang ekstrovert.

Pendiam itu banyak yang tak suka basa-basi, maka dari itu pendiam sering berdiam diri dan mendengarkan pembicaraan saja saat ada di kumpulan orang. Tapi kalau dengan keluarga / sahabat / orang yang bisa dipercaya & kami kenal secara dekat, orang pendiam bisa lebih terbuka saat bicara dan berinteraksi.















Tentang pendiam yang rame di sosmed namun pendiam di dunia nyata, itu wajar saja karena seorang pendiam lebih leluasa berkomunikasi melalui tulisan (update status, komentar, berbagi pengalaman di blog, dll) daripada berkomunikasi melalui perkataan lisan. Hal inilah yang menyebabkan pendiam cenderung aktif dan ramai di sosial media, khususnya di grup Komunitas Anak Pendiam (KAP) di Facebook. #NumpangPromosi hehehe..

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Salam dari kami para pendiam !! Tetaplah bersemangat menjalani hidup ini.

5 comments:

aoki hirasawa said...

wah bener banget tuh, orang orang disekitarku sering mempertanyakan sikapku yang pendiem, aku sebenernya tersinggung ditanya begitu karena aku juga gak tau jawabannya kenapa aku sependiem ini apalagi kalo mereka udah nyuruh nyuruh "ngomong dong!! jangan diem aja! ngomong!" aku cuma bisa senyum senyum aja digituin padahal sakit rasanya huhu~
sebenernya pendiem tuh nasib atau takdir ya????

Septi Nila Pratiwi said...

mau gabung di KAP gimana caranya??

nada kasih ijora said...

Setuju dg postingan nya. Seandai nya mereka (org exstro) membaca nya, berhrap bgt mereka bsa mngerti dan menghargai introvert

ranni said...

Setuju.... Banget pengen deh bilang kalau aku itu bukan cewek pendiem abis cuma bingung gimana cara mulai ntar malaj di bilang kasar lagi atau gak sksd

Anonymous said...

Hehehe.....
Aku emang aktif bgt klo ngomong di sosmed. Tpi gk tau knp klo di sekolah mau ngomong tuh rasanya susah.....

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler