Wednesday, 14 January 2015

"Aku ini pendiam!"
"Eh, tapi aku juga introvert!"
"Tunggu dulu. emang apa bedanya pendiam dan introvert?"
"Sama aja."

Pertanyaan seperti itu sering muncul di benak kita. Karena bingung, lalu bertanya di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam). Karena para penjawab juga bingung, akhirnya jawabannya beda-beda. Kemudian galau. :P

Pendiam dan introvert merupakan dua buah pengertian yang kelihatannya serupa, tapi tak sama. Tidak usah panjang lebar, mari kita simak pengertian dari keduanya.


http://www.cafeberita.com/wp-content/uploads/Menghadapi-Teman-Pendiam.jpgPendiam berasal dari kata dasar "diam" yang mendapat imbuhan "pe-", yang artinya orang yang 'melakukan pekerjaan' diam. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diam adalah tidak bersuara, tidak bergerak, tidak melakukan apa-apa, dll. Sedangkan pendiam adalah orang yang tidak begitu suka berbicara.

Hanya itu. Tidak mengandung pengertian lain. Simple bukan?


Lalu, apa itu introvert?
Menurut Wikipedia the free encyclopedia, introvert is the state of or tendency toward being wholly or predominantly concerned with and interested in one's own mental life.
Artinya kurang urang lebih introvert adalah orang yang mempunyai ketertarikan terhadap dunianya sendiri dan mereka berorientasi dalam ‘diri’nya sendiri (inward thinking).

http://4.bp.blogspot.com/-j1jKXDSXWoI/UpX6bNFKSOI/AAAAAAAACVw/xP5y1ySQu7U/s1600/introvert1.jpg
Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Mereka adalah pribadi yang tertutup dan mengesampingkan kehidupan sosial yang terlalu acak. Istilah Introvert ini dipopulerkan oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi yang bernama Carl Jung. Ia mengelompokan Introvert sebagai kaum minoritas.

Dari kedua pengertian di atas saja sudah dapat kita simpulkan bahwa pendiam dan introvert adalah dua sifat yang berbeda.  Mungkin menyamakan kedua sifat tersebut karena orang pendiam cenderung kurang banyak bersosialisasi sehingga membuatnya merasa asing. Dari situ langsung mematenkan diri sebagai introvert tanpa menilik lebih lanjut pengertiannya.

Nah, dari itu juga ada pendapat dari sobat-sobat KAP. Kurang lebih seperti ini:
"Pendiam belum tentu introvert, sedangkan introvert sudah pasti pendiam."
"Pendiam sudah pasti introvert, sedangkan introvert belum tentu pendiam."

Perbedaan dua pendapat di atas tampak sepele.

Pendiam belum tentu introvert. Saya pribadi setuju dengan pendapat tersebut. Karena dari pengertian yang sudah dijelaskan di atas sudah menjelaskan segalanya. Bisa saja ekstrovert tapi juga pendiam. Karena pendiam bukan hanya sifat, namun juga tergantung mood masing-masing.
Introvert sudah pasti pendiam. Lalu bagaimana dengan orang yang banyak bicara tapi orangnya tertutup dengan kehidupan pribadinya? Atau orang yang suka menyendiri dan tertutup, namun bila dihadapkan dengan keadaan sosial, dia aktif berbicara?

Menurut saya pribadi, lebih tepat bila kedua pendapat diatas digabungkan menjadi, "Pendiam belum tentu introvert, begitu juga dengan introvert belum tentu pendiam."

Kesimpulannya, pendiam dan introvert adalah dua pengertian yang berbeda, namun saling berhubungan.

Semoga bermanfaat untuk kita. Sekian. Terimakasih.

1 comments:

Kristian Adhi said...

akhirnya aku dapet pencerahan tentang hal ini, thanks..

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler