Wednesday, 14 January 2015


Jumpa lagi sobat KAP, kali ini saya akan membahas pergaulan ala orang introvert. Biasanya pergaulan identik dengan hang out / jalan-jalan bersama teman, berpesta, punya banyak teman, nongkrong di keramaian, dan sering berbincang-bincang alias ngobrol berlama-lama. Tapi itu semua cenderung ke pergaulan ala orang ekstrovert. Lalu bagaimana dengan pergaulan introvert?

Biasanya orang introvert lebih mementingkan kualitas pertemanan (tingkat baik buruknya) daripada kuantitas pertemanan (jumlah). Nah, ada suatu quote menarik dari Thomas Jefferson: "Be polite to all, but intimate with few." Artinya tetap sopan pada semua orang, namun hanya akrab [menjalin pertemanan secara mendalam] dengan beberapa teman. Quote tersebut menggambarkan bahwa lebih penting kualitas daripada kuantitas pertemanan (pergaulan) bagi introvert. Bagi saya lebih baik punya sedikit teman tapi sangat bermakna dan akrab, daripada punya banyak teman tapi hanya sedikit bermakna & kurang akrab. Sebagian besar orang introvert mungkin memiliki pemikiran yang sama tentang hal tersebut.


Umumnya introvert cenderung suka bergaul dengan teman-teman yang punya kesamaan hobi. Misalnya sama-sama hobi fotografi, main game, nonton film, otomotif, dsb. Mengapa bisa begitu? Karena introvert yang terkenal pendiam bisa lebih leluasa ngobrol kalau itu tentang hobi / hal yang disukainya (daripada berbasa-basi berbagai topik obrolan). Saya pun introvert yang seperti itu, hehehe..

Nah, biasanya orang ekstrovert cenderung senang bergaul dalam kelompok besar (5 orang atau lebih), orang introvert kebalikannya. Kami biasanya cenderung senang bergaul dengan satu orang / dalam kelompok kecil. Hal ini saya amati sejak sekolah sampai awal kuliah sekarang, memang begitu adanya. Sobat KAP mungkin juga mengamati hal serupa.

Semoga bermanfaat. :)

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler