Tuesday, 24 February 2015

Siapa yang tidak suka kopi? Nyaris setiap orang suka minuman yang terbuat dari biji kopi tersebut. Entah kopi hitam atau kopi susu, atau kopi krimer. Semuanya cocok untuk menemani waktu luang kita. Bisa juga untuk pengobat kantuk di saat tugas menggunung. Namun, ada fakta menarik antara kopi dan introvert. Apa itu?

Coffe shop merupakan surga bagi para pecinta kopi. Pun, tidak ada salahnya juga bagi bukan pecinta kopi duduk-duduk santi di sana. Tidak susah membedakan mana introvert dan mana ekstrovert yang minum kopi di coffe shop. Introvert cenderung suka minum kopi sendirian di sudut ruangan. Sedangkan ekstrovert bercengkerama dengan teman-temannya menikmati kopi.

coffe shop
It's Ok. Semua orang berhak menikmati kopi di coffe shop dengan cara mereka sendiri. Namun, ada fakta menarik tentang kopi yang ditulis oleh seorang psikolog, Brian Little, dalam buku berjudul "Me, Myself, and Us: The Science of Personality and the Art of Well-Being".

Dalam bukunya, Little mengatakan bahwa setelah meneguk dua cangkir kopi, orang-orang ekstrovert dapat melakukan tugas mereka dengan baik dan efisien. Berbeda dengan introvert, kualitas pekerjaannya justru menurun. Kenapa hal itu bisa terjadi?

secangkir kopi
Menurut Little, hal tersebut disebabkan karena pada keadaan normal, orang-orang introvert berada di atas level optimal, sementara ekstrovert berada di bawah level optimal. Jadi ketika introvert meminum kopi, mereka akan melampaui level optimal yan sangat jauh. Konsentrasi orang introvert yang cenderung sangat sensitif akan dirusak oleh kafein yang masuk ke dalam tubuh. Walau sebenarny konsentrasi introvert mudah terpecah tanpa kafein sekalipun. Orang ekstrovert justru akan terdorong ke level optimal yang pas. Maka dari itu, sangat tidak dianjurkan bagi introvert untuk meminum kopi sebelum mengikuti rapat, sekolah, atau pekerjaan lain yang membutuhkan konsentrasi.

Namun, bukan berarti seorang introvert dilarang minum kopi selamanya. Bagi introvert bisa minum kopi setelah urusan penting mereka selesai. Atau di waktu santai.

Lalu bagaimana dengan seorang introvert yang mudah mengantuk?
Ada baiknya kita tidur dulu sebelum melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tersebut. Tidur malam yang cukup dengan waktu tidur yang sesuai sudah lebih dari cukup. Daripada meminta bantuan kopi. Bagi ekstrovert, kalian boleh bersenang-senang dulu di malam hari, toh kalian tetap bisa tampil prima setelah meminum kopi.

Apa fakta tersebut juga dialami para sobat KAP? boleh di coba kapan-kapan ^_^

Terimakasih. Salam Pendiam!


source: Kopi Keliling

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler