Monday, 21 November 2016




Mata merah, mata kering dan tidur kurang nyenyak. Apakah kamu pernah mengalami ini? Bisa jadi kamu terkena Computer Vision Syndrome. Terutama untuk orang-orang yang bekerja dan menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar komputer atau gadget lainnya. Apalagi bagi sobat pendiam yang lebih suka bergelut di depan layar komputernya dibanding pergi keluar rumah. Saya yakin. Kalian pasti pernah mengalaminya.



Apa itu Computer Vision Syndrome? Dilansir dari lifehack.org, Computer Vision Syndrome tak hanya soal gangguan mata saja, melainkan kondisi yang muncul karena terlalu banyak menggunakan komputer dalam jangka waktu lama dan terus menerus.

Tidak hanya dialami oleh orang dewasa Computer Vision Syndrome juga dapat dialami oleh anak-anak yang saat ini banyak kecanduan video games, tablet, bahkan ponsel.

Berikut ini adalah gejala umum Computer Vision Syndrome:

1. Pandangan mata kabur

2. Melihat sebuah objek, seolah objek tersebut tampak ganda.

3. Mata kering dan mata merah, kadang terasa gatal.

4. Iritasi mata

5. Sakit kepala, bahkan ketika baru menggunakan komputer dalam waktu singkat langsung merasakan pusing.


Lalu bagaimana cara mengatasi Computer Vision Syndrome?

Kamu bisa mencoba teknik 20-20-20. Untuk mencegah Computer Vision Syndrome, kamu bisa menggunakan teknik 20-20-20. Jadi, setiap 20 menit sekali, kamu perlu mengistirahatkan mata selama 20 detik untuk menatap objek yang berada 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempatmu berada. Mudah sekali, kan?

Tapi bagi kamu yang setiap hari menggunakan komputer selama berjam-jam dalam sehari, penting untuk selalu menyempatkan diri mengistirahatkan mata selama 20 menit sekali. Dengan begitu, kesehatan mata bisa tetap terjaga dan terhindar dari mata iritasi atau gangguan mata lainnya.


Nah, bagaimana? Sudah tahu kan apa itu Computer Vision Syndrome dan cara mengatasinya.



0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler