Sunday, 13 November 2016




Kesendirian adalah bahan penting untuk meningkatkan kreativitas,"Susan Cain.



Di tengah tuntutan hidup yang semakin tinggi, tidak jarang seseorang mengalami gejala stres atau depresi ringan. Hal yang biasa dilakukan ketika hal ini terjadi adalah menarik diri sejenak dari rutinitas sehari-hari atau yang biasa disebut Me Time.



Me time adalah periode waktu yang kita perlukan untuk diri sendiri. Terkadang disaat me time kita tidak mengharapkan keberadaan orang lain atau tidak ingin diganggu orang lain. Sederhanya me time adalah waktu untuk memanjakan diri sendiri dan melakukan sesuatu yang kita sukai.



Beberapa orang menganggap me time merupakan kegiatan yang egois dan mengada-ngada, namun menurut Ayoe Sutomo, M.Psi, manusia pada dasarnya merupakan mahluk sosial tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu untuk sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri membuat kita menjadi orang yang lebih baik dan menyenangkan.



Pada dasarnya Me Time dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana, tidak harus pergi ke tempat-tempat mewah atau mahal. Intinya adalah melakukan kegiatan yang paling kita sukai dan dapat membuat kita merasa tenang.



Sebuah kegiatan dapat disebut sebagai Me Time apabila memiliki manfaat yang baik setelah kita melakukannya.



Berikut Adalah Manfaat Me Time bagi kehidupan kita:



1. Mengisi Ulang Tenaga

Rutinitas sehari-hari terkadang dapat membuat kita merasa bosan hingga mengalami stres, dengan begini kita bisa menyendiri sejenak untuk menenangkan saraf dan pikiran kita, mengurangi tekanan dan kembali fresh.



2. Meningkatkan Kreativitas

Beberapa orang percaya kreativitas dapat meningkat ketika kita sedang sendiri. Saat sendiri kita bisa membuka ruang untuk memperluas pikiran dan membantu kita untuk menemukan ide-ide baru.



3. Memberikan Kebebasan

Yang dimaksud bebas di sini adalah melakukan apa, kapan, dan bagaimana yang kita inginkan, hal ini menjadi langka seiring bertambahnya usia dan kesibukan yang tidak ada henti-hentinya.



4. Memberikan Keakraban

Menghabiskan waktu sendiri dapat membantu kita menilai kembali dan mendapatkan perspektif tentang hubungan dan memasok istirahat yang sangat dibutuhkan dari sosialisasi. Dengan cara ini, ketika kita kembali ke dunia sosial, kita dapat lebih terlibat dengan orang yang dicintai dan kamu akan terhindar dari monolog internal.





Sementara me time sendiri dapat dilakukan dengan cara apa saja dan sangat sederhana, tergantung cara kita memaknainya. Bisa dengan membaca buku seharian, mendengarkan musik atau pergi sekedar jalan-jalan sore sendiri. Terserah, yang terpenting kita melakukan kegiatan yang kita sukai sendiri tanpa adanya orang lain.



Nah, Sobat KAP biasanya kalau me time ngapain aja?



1 comments:

Mayuf said...

Kalo aku me time nya, adventure, hehe

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler