Saturday, 21 February 2015

Bagi sebagian pendiam, bergaul adalah sebuah hal yang susah untuk dilakukan. Terlebih bagi seorang pendiam juga ditambah pemalu, bergaul bagaikan meraih bintang menggunakan galah. Mungkin sebagian justru lebih senang menghabiskan waktu sendiri. Namun, ada kalanya kita sebagai pendiam juga dituntut untuk bergaul. Karena pendiam juga manusia, dan manusia adalah makhluk sosial.

Biasanya bergaul identik dengan berkumpul, bercakap-cakap, bercanda, dsb. Sedangkan kelemahan seorang pendiam adalah hal-hal tersebut. Lalu bagaimana cara kita bergaul? Jangan khawatir. Dengan langkah yang tepat, seorang pendiam juga bisa bergaul, dengan syarat:

  • Senyum tulus dan ikhlas

senyum ikhlas

Senyum adalah ibadah. Walaupun seorang pendiam cenderung memiliki pembawaan yang tidak sumringah, namun dengan seulas senyum, kita bisa menebar kehangatan. Kekuatan dari sebuah senyum itu sungguh luar biasa. Orang yang kita senyumin, biasanya akan membalas senyum kita. Sehingga membuat orang lain menilai kita adalah orang yang ramah. Dengan begitu, orang lain tidak akan enggan berteman dengan kita.

  • Lawan rasa gugup dan malu
gugup

Gugup dan malu adalah makanan sehari-hari seorang pendiam. Ini juga penghambat bagi kita untuk menjalin sebuah hubungan baru. Maka sudah seharusnya kita melawan rasa gugup dan malu tersebut. Memulai obrolan, pertemanan, atau sekadar perkenalan sudah bisa dianggap langkah besar dalam sebuah hubungan. Setelah berhasil melalui langkah tersebut, akan jauh lebih mudah kita menjalin komunikasi ke depannya.

  • Perhatian
perhatian
Seorang pendiam dan penyendiri cenderung sensitif dan peka terhadap orang lain. Selain itu, seorang pendiam adalah pengamat yang baik. Sedangkan seseorang yang punya seribu teman biasanya kurang perhatian. Karena mereka sibuk bergaul dan memiliki banyak aktivitas. Nah, bagi pendiam, tidak ada salahnya kita memberikan perhatian kepada teman-teman.


  • Pendengar yang baik
pendengar yang baik
Walaupun pendiam bukan pencerita yang handal, namun pendiam bisa menjadi pendengar yang baik. Jadilah setia ketika teman-teman kita curhat kepada kita. Hal itu akan membuat teman kita nyaman bersama kita. Seseorang akan merasa senang bila ada yang mendengarkan curhatannya. Tidak banyak orang yang memiliki bakat pendengar setia selain pendiam.

Mungkin hanya itu Trik bergaul seorang pendiam yang bisa KAP sarankan. Semoga bermanfaat. Mungkin ada sobat KAP yang mempunyai beragam trik bergaul lainnya, bisa disampaikan di kolom komentar. :)
Terimakasih. Salam Pendiam!

1 comments:

Nafortism G said...

saya membaca postingan ini sambil terus tersenyum

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler