Wednesday, 20 May 2015

Halo sobat KAP! Wah sudah lama sekali saya tidak coret-coret di blog Komunitas Anak Pendiam. Bukannya males nge-blog, tapi lebih karena kehabisan ide. *menggelinding*

mental block
Mental block? Ada yang pernah dengar? Atau ada yang mengalaminya, tapi tidak sadar?
Menurut MiracleWays, mental block adalah hambatan secara mental/psikologi yang menyelubungi pikiran seseorang. Ia dapat muncul dari kekeliruan pengalaman hidup/pergaulan, sisa traumatik masa lalu, sisa luka batin, sisa pengalaman yang tidak mengenakkan ketika kecil maupun kekeliruan cara pandang/anggapan terhadap sesuatu, bahkan akibat cara belajar yang tidak tepat.

Belibet banget ya. Simpelnya, mental block adalah pemikiran atau bisikan hati kita yang meragukan kemampuan diri kita sendiri. Kok bisa? Kita semua tahu kalau manusia punya otak kanan dan otak kiri. Otak kanan itu imajinatif dan kreatif, yang menciptakan gagasan-gagasan kreatif. Sedangkan otak kiri berpikir secara logis, yang akan memperhitungkan gagasan yang diciptakan otak kanan. Dan bila gagasan itu tidak logis menurut otak kiri, maka otak kiri akan menolaknya. Nah, seperti itulah yang disebut Mental Block.

Contohnya gini, ada seseorang sebut saja Derp. Derp sangat hobi sekali mengikuti seminar-seminar motivasi, kesuksesan, dll. Namun, Derp ini tidak juga sukses. Sudah kerja keras banting tulang, tapi tidak kunjung sukses. Nah, disinyalir Derp ini "mengidap" mental block. Gagasan, rencana, bahan, dll sudah ada tapi si Derp meragukan kemampuannya. "Kira-kira bisa ga, ya?", "Waduh, nanti kalau gagal gimana?", "Ngga usah lah."

Dampak dari mental block sangat terlihat. Menjadikan kita orang yang pesimis, takut gagal, takut mencoba, dan akhirnya tidak jadi sukses. Selalu membayangkan hal-hal buruk akan terjadi pada kita bila melakukan sesuatu. Hidup akan stuck di tempat.
ilustrasi mental blog

Lalu apa hubungannya mental block dan pendiam?
Sebenarnya tidak ada hubungannya. Atau kecil hubungannya. Tapi kita tahu sendiri, sebagian pendiam memiliki sifat tambahan seperti pemalu, kurang percaya diri, dll. Nah, sifat-sifat itulah yang merupakan titik awal pembentuk mental block. Jadi, sebagian pendiam rentan terhadap mental block. Maka tidak ada salahnya berbenah diri mulai dari sekarang. Saya tidak menyuruh untuk berubah menjadi tidak pendiam, tapi bisa lah meredam sedikit sifat-sifat negatif penyerta itu.

Sebentar, tadi bilang  mental block itu pemikiran logis. Emang salah ya berpikir logis?
Sama sekali tidak salah. Hanya saja pikiran logis pembentuk mental block itu adalah pikiran logis yang terlalu dangkal. Tidak bisa berpikir logis ke depan dengan luas. Padahal kita dianugerahi dengan sistem otak yang sangat luar biasa. Terlalu bodoh bila kita berkata, "Aku ngga bisa melakukannya. Itu di luar kemampuanku."

Lalu bagaimana cara melawan mental block?
Ada beberapa cara untuk melawan mental block, antara lain:
  1. Kenali rasa ketidaknyamanan yang dirasakan saat ini dan buanglah rasa tidak nyaman itu,
  2. Jadilah diri sendiri,
  3. Gali kemampuan yang kita miliki,
  4. Biasakan untuk melatih mental,
  5. Carilah pengetahuan yang luas, dengan sendirinya akan meningkatkan mentalitas pada diri sendiri,
  6. Jangan takut mencoba,
  7. Saat pertama melakukan akan sulit, namun kesulitan itu akan membuat kita percaya diri dan memiliki mental yang kuat,
  8. Berperan aktif dalam organisasi.

Mungkin, itu saja yang dapat saya bagi. Semoga bermanfaat untuk kita para pendiam untuk mengerti dan melawan mental block. Bila terasa kurang sreg atau ada pertanyaan, boleh tulis di kolom komentar. Terimakasih.

Regard.

special thanks to:

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler