Thursday, 30 July 2015

Pada hari lebaran kemarin, banyak sekali aku temukan postingan-postingan yang merasa tidak nyaman ketika hari raya Idul Fitri tiba. Banyak di antara mereka yang berharap di skip saja hari itu. Mereka menganggap hari raya Idul Fitri adalah sebuah hari yang melelahkan.

Padahal hari raya Idul Fitri adalah hari di mana kita bisa saling bersilahturahmi satu sama lain. Bisa saling bersilahturahmi dengan saudara-saudara yang jauh yang lama tidak dapat kita temui. Bertemu dengan kawan lama yang hampir susah untuk ditemui.

Dalam sebuah hadist dituliskan ”Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturrahmi.”
(HR. Bukhari)


Nah bisa jadi kalian yang rejekinya seret kalian kurang silahturahmi tuh sama saudara?

Aku sangat bersyukur sekali kemarin hari Minggu tanggal 26 Juli bisa bersilahturahmi bersama teman semasa SMA dan Kuliah sekaligus. Sorenya silahturahmi bareng temen SMA, malamnya silahturahmi bareng temen kuliah.




Biarpun aku banyak diemnya, tapi aku tetap menikmati suasana, saling mengenang masa sekolah, saling bercanda dan masih banyak lainnya. ( Baca juga : Punya Teman Penting Nggak Sih?)

Mungkin bagi seorang introvert silahturahmi adalah sesuatu hal yang melelahkan dan menguras tenaga. Tapi percayalah kawan, di balik pengorbanan waktu dan tenaga yang kalian gunakan untuk bersilahturahmi akan ada manfaat yang sangat besar jika kalian menjalin tali silahturahmi.

Berikut aku share apa saja manfaat yang akan kalian dapatkan saat menjalankan silahturahmi


Mendapatkan Ilmu Baru


Setiap aku bersilahturahmi dengan siapapun itu, hampir selalu menemukan suatu ilmu baru. Ilmu apapun itu, hal ini karena setelah lama berpisah pasti teman yang lain mempunyai pengalaman-pengalaman dan ilmu baru yang mereka dapatkan. Dan secara tidak langsung mereka pasti akan menceritakan apa yang telah mereka dapatkan selama ini.



Berbagi Pengalaman




Ada sebuah pepatah mengatakan "Pengalaman adalah guru yang terbaik".Akan tetapi, waktu kita terbatas, tidak seterusnya kita terus-menerus mencari pengalaman. Ketika kita bersilahturahmi dengan teman kita tentunya kita akan saling berbagi pengalaman berharga satu sama lain yang tentunya belum pernah kita alami. Dari situ kita dapat mengambil suatu  pelajaran berharga yang dapat kita petik dari cerita pengalaman teman kita agar kita bisa mengambil hikmahnya.




Penghilang Galau



Bisa jadi kita sering merasakan kegalauan, kita bingung mau curhat ke siapa? Curhat di media sosial juga komentarnya kurang mengenakkan. Dengan sulahturahmi ini kita bisa menuangkan segala kegalauan kita, kegelisahan kita. Karena dengan bertemu langsung secara tatap muka maka kita lebih bisa menuangkan ekspresi kita, sehingga kita merasa lebih lega jika kita curhat secara langsung dibandingkan dengan media sosial.



Menjadi Lebih Ceria



Di antara teman kita pasti tidak semuanya pendiam. Pasti ada beberapa di antara mereka yang suka bercanda satu sama lain. Bisa membuat kita tertawa lepas melupakan masalah sejenak. Dan inilah yang menjadikan hidup kita lebih berwarna dan menjadi lebih ceria dalam mengarungi hari-hari kita.


Menambah Rizki


Ternyata silahturahmi bisa nambah rizki lho kawan. Gak percaya?
Yaa inilah yang saya rasakan. Dulu pas tahun pertama aku masih aktif di BEM, aku pernah ikut pelatihan. Aku bertemu dengan seorang teman dan cukup akrab dengan dia. Setelah pelatihan cukup lama tak bertemu, dan kami bertemu lagi ketika aku ikutan demo kenaikan BBM. Dari situ silahturahmi kami mulai terjalin kembali. Kami sering bertemu pas ada cara kajian, dan hingga akhirnya dia menawarkan aku untuk ikutan timnya buat bikin bisnis StartUp, dan aku merasa cita-citaku akhirnya terwujud.


Melatih Diri Terjun ke Lingkungan Sosial




Kita nggak selamanya hidup dalam kesendirian. Suatu saat kita pasti akan hidup bersama dengan masyarakat, bertemu dengan masyarakat lainnya. Jika kalian  kalian mau mulai terjun ke dunia sosial yang asing akan tetapi terlampau malu dan takut melakukannya. Kalian bisa memulai dengan bersilahturahmi dengan teman kalian sendiri dan saudara lainnya.

Nah jadi gimana nih kawan, masih takut buat bersilahturahmi? Ternyata silahturahmi itu banyak manfaatnya lho. Jadi jangan takut buat bersilahturahi.

Minke Khairul Arai

1 comments:

Anonymous said...

Gua yakin ini yang nulis udah bukan pendiem lagi

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler