Tuesday, 28 July 2015

Banyak saya temui member di grup Introvert manapun yang bilang "Aku lebih nyaman di rumah", "Lebih enak di rumah daripada keluar rumah".

Tidak ada yang salah dengan statement tersebut. Karena seorang introvert lebih nyaman menghabiskan waktu di dalam rumah. Akan tetapi yang  perlu diingat kawan, dunia tidak sekecil itu  kawan. Dunia tidak sebesar layar laptop atau smartphone kalian. Dunia sangatlah luas dan

Tidak perlu bersusah payah untuk keluar rumah. Cukup luangkan saja waktu sehari dalam seminggu untuk berjalan-jalan keluar rumah baik itu sendirian ataupun bersama teman-teman. Tidak perlu takut tersesat jika keluar rumah, karena teknologi yang kita miliki sekarang sudah cukup canggih. Ke manapun kalian pergi pasti akan kembali lagi ke rumah dengan selamat.

Berikut manfaat yang kalian dapat ketika memulai melangkahkan kaki kalian keluar rumah.

Menambah Ketrampilan dalam Bersosial



Saat kita melangkahkan kaki keluar rumah, maka kita akan bertemu dengan orang baru yang belum kita kenal sebelumnya. Atau bahkan kita akan bertemu dengan seseorang yang sebelumnya hanya kita temui dalam dunia media sosial.

Bagi seorang introvert berkomunikasi dengan orang asing yang tidak dikenal mungkin adalah suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Tetapi kawan, jika kita membuka diri untuk memulai pembicaraan dengan orang di sekitar kita setiap melakukan perjalanan, itu akan menjadikan kita lebih pandai dalam bersosial. Dimanapun kita berada akan mudah dalam beradaptasi.

Menemukan Hal Baru


Ketika kita memutuskan untuk keluar rumah, Tentunya kita akan menemukan hal baru yang tidak pernah ditemui di dalam rumah. Kalian akan bertemu dengan banyak  hal yang sebelumnya tidak pernah kalian pikirkan. Kalian mempunyai ekspektasi baru, alami pengalaman baru, ketemu orang-orang baru, mencicipi makanan baru. Dengan semua itu, niscaya mood kita disegarkan kembali.


Rasa Syukur pada Tuhan


Ketika kalian keluar dari rumah, kalian tentunya akan menemukan banyak hal yang dapat membuat kalian merasa lebih bersyukur dengan kehidupan kalian sekarang. Berjalan ke berbagai tempat akan membuat kalian merasakan suatu bentuk kehidupan lain yang tentunya berbeda dengan kehidupan kalian.

Misalnya, saat kalian berjalan-jalan dan mengamati berbagai kesenjangan sosial antara masyarakat yang mampu dan masyarakat yang mungkin tidak bisa seberuntung kalian. Saat itulah mata kalian akan terbuka dan Anda harus memaknainya dengan rasa syukur.


Menghilangkan Stres



Kalian bosan dengan rutinitas yang tidak berubah setiap hari, seperti sekolah, les, belajar, dll. Inilah saatnya kalian ngluyur keluar rumah. Cobalah luangkan waktu kalian untuk pergi sejenak melupakan  rutinitas sehari-hari yang membosankan sehingga pikiran  lebih rileks. Saat kalian keluar rumah, terutama ke tempat-tempat yang Anda sukai, seperti pantai atau gunung, tentu membuat diri kalian lebih bahagia. Dengan demikian, stres akan hilang.


Menjadi Pribadi yang Lebih Ceria



Seringkali kita merasakan galau. Ketika galau terkadang sering di antara kita menulis kegalauan kita di sosial media. Mencurahkan kegalauan kita dengan kata-kata, lalu berharap belas kasihan orang lain untuk berkomentar mengenai kegalauan kita. Eitss, hati-hati itu tidak baik jika kalian terus-menerus melakukan hal itu karena itu hanya menjadikan masalah kalian lebih buruk (baca : Dampak Negatif Terlalu Sering Mengeluh)

Daripada ngeluh doank di funia maya mending kita main aja keluar rumah. Dengan berjalan-jalan keluar rumah  misalkan jogging, mengunjungi tempat yang tenang,  mengunjungi tempat yang kalian sukai, main ke teman lama maka  kalian akan terlihat lebih ceria dan menyenangkan.


Menyehatkan Tubuh



Bisa dibayangkan kalau kalian terus-terusan mengurung diri di rumah. Kerjanya cuma makan tidur lalu online di depan gadget. Badan kalian jadi kurang sehat karena kurangnya aktivitas. Maka dari itu ayo kita main keluar rumah mencari aktivitas lain yang membuat tubuh bergerak lebih aktif biar sehat selalu.


Minke Khairul Arai
 

0 comments:

Tentang KAP

Selamat datang di keluarga kecil Komunitas Anak Pendiam!

Komunitas Anak Pendiam atau sering disingkat dengan KAP. Merupakan sebuah komunitas yang diisi oleh anak-anak pendiam dari seluruh penjuru Indonesia. Kami berharap komunitas ini bisa menjadi tempat bertukar cerita, bertukar pikiran, dan pengalaman dalam menjalani hidup sebagai pendiam.

Mari bergabung di grup KAP (Komunitas Anak Pendiam)..

Terpopuler